Mendirikan Koperasi Untuk Membangun Desa Mandiri

Bandung Barat, Warta Pelita

Koperasi adalah soko guru ekonomi masyarakat, yang selama ini terus digalakan oleh sejumlah pihak, baik di salah satu instansi maupun di masyarakat secara umum. Karena Koperasi itu salah satu badan usaha milik bersama, yang dikelola secara bersama-sama dan mendapatkan keuntungan untuk kepentingan bersama.

Dengan terbentuknya koperasi, tentunya ada salah satu tujuan utama, yang menyangkut hajat hidup orang banyak, salah satunya adalah untuk membangun desa mandiri. Desa yang benar-benar dikelola oleh warganya sendiri, mulai dari kepentingan sandang, pangan dan papan.

Untuk mendirikan koperasi memang gampang-gampang susah, karena pada dasarnya masyarakat itu hanya sebatas mendengar dan melihat saja tentang koperasi itu, jangankan untuk mendirikan, untuk menjadi anggota saja masih bingung.

Karena selama ini selain sejumlah warga belum mengerti, juga sosialisasi tentang koperasi itu, oleh pihak aparatur pemerintahan atau dinas terkait belum menyeluruh, belum dapat diserap informasi tentang koperasi secara utuh oleh masyarakat. Makanya mendirikan koperasi itu gampang-gampang susah, sebagaimana dikatakan Ketua Koperasi Sugih Makmur Jaya (SMJ) Yusuf Firdaus saat berbincang-bincang dengan Warta Pelita belum lama ini.

“Namun Alhamdulillah setelah saya dan rekan-rekan berembug untuk mencoba mendirikan Koperasi semua rekan merespon dan siap untuk bekerja sama dan bekerja bersama-sama dan akhirnya kami memiliki Koperasi yang diberi nama Koperasi Sugih Makmur Jaya (SMJ) yang sementara ini baru ada beberapa unit usaha yang kami rintis, diantaranya unit usaha perdagangan pertanian dan peternakan.

Sedangkan anggota yang sudah resmi tercatat sekitar 100 orang, terdiri dari sejumlah Purna Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Purna Tenaga Kerja Wanita (TKW) serta masyarakat umum”, jelasnya.

“Untuk itu kami berharap dengan didirikannya Koperasi Sugih Makmur Jaya ini, betul-betul menjadi kenyataan dan dapat mewujudkan cita-cita warga kami, yang menginginkan membangun desa mandiri, yang diolah dan diperjuangkan oleh warga untuk kepentingan warga desa setempat”, paparnya berharap.***

Satu tanggapan untuk “Mendirikan Koperasi Untuk Membangun Desa Mandiri

  • Desember 10, 2018 pada 16:13
    Permalink

    MAs, boleh minta informasi alamat Koperasi Sugih Makmur Jaya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *