Pesta Pendidikan 2019 Rayakan lnovasi dan Kolaborasi Mengajak Semua Pihak Kerja Barengan untuk Pendidikan 2 Mei Di Kemendikbud

wartapelita.com – Jakarta, Selasa Pagi Jaringan Semua Murid Semua Guru
(SMSG) pada Mei ini akan kembali menggelar Pesta Pendidikan dengan pesan utama yaitu “Rayakan Inovasi dan Kolaborasi, Kerja Barengan untuk Pendidikan”, 2 Mei 2019 di Gedung Kemendikbud RI.(30/04/19)

Terlepas dari apapun pilihan, pendapat dan pandangan yang berbeda-beda yang sedang dialami oleh bangsa kita saat ini, semua pihak memiliki kepentingan yang sama ketika bicara tentang pendidikan. Dalam momentum Hari Pendidikan Nasional kali ini, Jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG) kembali mengajak semua pemangku kepentingan untuk berpihak kepada cita-cita bersama yaitu perubahan pendidikan Indonesia menuju Iebih baik.

Menurut Najelaa Shihab, lnisiator Jaringan SMSG mengatakan, “Ekosistem Indonesia perlu akselerasi perbaikan untuk menghadapi tantangan saat ini. Sudah banyak inovasi, yang dilakukan oleh komunitas dan organisasi pendidikan di Jaringan SMSG di penjuru Nusantara, namun inovasi ini butuh kolaborasi nyata dari semua pihak dengan berbagai latar belakang maupun profesi. Pendidikan yang berkuolitas, tanpa kesenjangan untuk semua dan setiap anak harus terus kita upayakan lewat berbagai kegiatan han’an sebagai relawan maupun strategi jangka panjang berbagai pemangku kepentingan. Semua anggota masyarakat bisa ambil peran, lnovasi dan Kolaborasi.”papar nya”

lnovasi pendidikan yanq dilakukan oleh komunitas dan organisasi pendidikan bertujuan untuk meningkatkan keberdayaan serta hubungan avatar pemangku kepentingan deIam ekosistem pendidikan yang akan mewujudkan tiga hal penting yaitu percepatan akses, peningkatan kualitas dan kesetaraan pendidikan Saat ini komunitas dan organisasi pendidikan dalam Jaringan SMSG melakukan inovasi dan menyebarkan praktik baik dalam berbagai bidang dalam pendidikan, antara lain, pendidikan keluarga pendidikan anak usia dini, pengembangan guru peningkatan Iiterasi. pendidikan anak marjinal pendidikan anak dengan disabilitas pendidikan karakter, pengembangan anak muda pendidikan vokasi dan kewirausahaan dan masih banyak lagi.

Kami percaya bahwa belajar dari satu sama lain menjadi cara pembelajaran yang efektif bagi komunitas dan organisasi pendidikan untuk dapat berkembang.oleh karenanya , program jaringan SMSG mencakup pertemuan jaringan serta pengelolaan dan sirkulasi data dan praktik baik dia antara jaringan.pertemuan secara berkala dan berkelanjutan mampu membuka ruang percakapan bermakna di antara komunitas dan organisasi, sehingga saling memahami program, dampak, tantangan, dan inovasi masing-masing.

selain kapasitas komunikasi dan organisasi dapat meningkatkan dari pengetahuan yang di dapatkan , pertemuan jaringan pun memungkinan terbukanya potensi – potensi kolaborasi

Saat ini jaringan SMSG terdiri dari 550 komunitas dan organisasi pendidikan, yang kegiatan utamanya berada di Jakarta. Bandung. Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Ambon, dan Sorong, dengan jangkauan program di seluruh Indonesia. Menyakini bahwa komunikasi dan organisasi pendidikan bisa belajar, bergerak, dan bermakna barengan , kegiatan rutin sepanjang tahun di setiap daerah dikelola oleh mandiri di antara perwakilan komunikasi dan organisasi lokal, sehingga secara tepat bisa memenuhi kebutuhan berjejaring masing-masing.

Pesta Pendidikan 2019 ini bertujuan untuk menyebarluaskan semangat kerja barengan dalam pendidikan, salah satu dari rangkaian Pesta Pendidikan 2019 digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu mengoptimalkan dunia digital dan berkolaborasi dengan figur publik serta media. Aktris, musisi, desainer, penyiar, youtuber, kreator konten. media ambil peran dengan membuat dan menyebarkan pesan-pesan pendidikan dengan berbagai mra sesuai dengan kekhasan dan kekuatan masing-masing serta berkolaborasi dengan organisasi dan Komunitas pendidikan.

Pada tahun ini, relawan panitia Pesta Pendidikan yang berada di Jakarta, menggelar Ngobrol Publik yaitu bincang-bincang yang membahas isu-isu pendidikan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari disiarkan secara daring di berbagai kanal. Tidak kurang dari 30 sesi Ngobrol Publik Online berlangsung dari 22 April 3 Mei 2019 dengan topik-topik seru untuk meningkatkan kepedulian publik pada pendidikan yang dapat disimak di kanal media sosial Semua Murid Semua Guru dengan melibatkan figur, publik, media, kaporasi, Komunitas dan organisasi pendidikan sebagai narasumber.

Puncak Pesta Pendidikan 2019 digelar tepat di Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019 di Gedung Kemendikbud RI, Jakarta Selama dua jam, cerita tentang inovasi dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan akan ditampilkan disini.hingga figur publik seperti Baim wong, Andien,ligwina Hananto, Andien, guna s.noer ,Merry Riana , Vidi Aldiano ,serta siswa-siswi yang sudah melakukan berbagai inisiy pendidikan, hadir di atas panggung untuk berbagi kisah yang semoga dapat menginspirasi semakin banyak publik untuk berkontribusi secara nyata dalam upaya perubahan pendidikan.

Pesta pendidikan juga berlangsung di Makassar (21-28 April 2019 ) dengan berbagai ngobrol publi (k talkshow adukasi). pameran publik dan aksi publik ( beragam kegiatan seperti lokakarya , relawan mengajar di sekolah,,dll) Bandung ( 27-28 April dan 2-4 Mei 2019 ) dengan mengadakan forum community sharing serta ngbrol publik, Surabaya (27-28 April dan 2-4 Meiy2019) dengan kegiatan lokakarya, pawai literasi dan ngobrol publik, Yogjakarta (1-4 Mei 2019) dengan pameran publik , ngobrol publik, dan festival publik, serta Sorong (4 Mei 2019) dengan kegiatan festival publik dan ngobrol publik.(Yayan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *