Sejumlah Desa Ikuti Monev dari CFD

Bandung Barat, Warta Pelita
Sabtu, (20/01/ 2018), Balai Desa Cimanggu menjadi salahsatu tempat yang di pakai oleh para pengelola perpustakaan dan TBM, ada Tiga Desa yang hadir mewakili acara monitoring dan evaluasi yang di lakulan oleh Tim Coca Cola
Foundation sebagai Mitra Perpuseru Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.
Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memotivasi dan mencari solusi kepada pengurus perpusdes dalam menjalankan aktivitas di lapangan, salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pengelola adalah kurangnya dukungan  dari pihak desa dan lemahnya pemahaman SDM terkait pengelolaan perpustakaan. Kendala ini menjadi tidak adanya orang yg fokus dalam menjalankan aktivitas perpustakaan.
Sementara pihak  CFD berharap, adanya sinergisitas antara pengelola perpusdes, steakholder dan  pemerintah desa sebagai pemangku kebijakan berjalan dengan baik.
CFD yang telah memberi bantuan 3 unit komputer serta pelatihan bagi pengelola berharap ada upaya peningkatan laporan sebagai wujud pertanggung jawaban bahwa program perpusdes berjalan dengan baik dan dapat memberi manfaat, pasalnya jika bantuan ini tidak berjalan dan tidak dimanfaatkan dengan baik bisa saja ditarik dan di alokasikan ke Desa lain yang membutuhkan, sehingga salah satu bentuk perhatian dari CFD adalah melakukan monev dengan tujuan ada dukungan moral dan perhatian kepada para pengelola perpusdes, harapannya para pengelola bisa mendapat suport dari pihak Desa dalam menjalankan aktivitasnya.
CFD bersama pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah terus melakukan kerjasama dalam memfasilitasi upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membaca, sehingga dengan cara ini bisa memberi dampak positif terhadap perubahan pola pikir masyarakat menjadi lebih berkembang, berdaya dan mandiri.
Dengan di fasilitasi komputer dan akses internet masyarakat bisa mengakses informasi lebih cepat, bermanfaat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, pemasaran produk dan keterampilan yang dibutuhkan. Ujar Pak Heri sebagai perwakilan dari CFD.
Sementara, Asep Suparman sebagai Kepala Desa Cimanggu yang hadir dalam acara monev tersebut, menyampaikan dukungannya kepada Perpusdes binekas dalam menjalankan programnya, Ia berharap upaya sinergisitas antara perpusdes,  PKK, Karangtaruna dan Pesantren bisa terus ditingkatkan,  kedepan selain  anggaran yang akan ditingkatkan dari 25 juta tahun 2017,  Ia juga akan berupaya memfasilitasi tempat sebagai sarana dan prasarana perpusdes binekas yang lebih  representatif  dengan harapan bisa menambah semangat bagi pengelola dan pengunjung. Ujarnya.
Acara yang melibatkan pengelola perpusdes Desa Cihanjuang, Desa Mekarsari dan Desa Cimanggu tersebut, berakhir dengan melakukan kunjungan ke Saung Hidroponik At Taqwa sebagai salah satu dampak positif dari semangat membaca dan mitra perpusdes Binekas dalam memberikan edukasi ke masyarakat.
Saung hidroponik ini merupakan salah satu bantuan dari BI setelah pengelola perpusdes menulis di HU Pikiran Rakyat.
Untuk meningkatkan pemberdayaan UMKM perpusdes binekas bekerjasama dengan PKK menggali potensi Desa yang mayoritas petani labu dengan meningkatkan usaha olahan pasca panen dengan membuat dodol dari waluh, yang diberinama Doluh, perpusdes memfasilitasi  cara pengemasan dan perizinannya, kini Doluh sudah mulai dipasarkan dan sebagai oleh- oleh para tamu yang hadir ke Desa Cimanggu.
Mengingat penting peranan perpustakaan di sebuah desa maka upaya yg terus di lakukan bagaimana masyarakat bisa mengakses buku buku dan media informasi lebih baik, sehingga upaya perpusdes binekas di tahun 2018 akan bekerjasama dengan MUI, Karang Taruna dan PKK untuk menyelenggarakan program Ayo Belajar di Masjid dan Pendirian TBM di setiap RW. Harapannya program ini bisa di dukung oleh Pemerintah Desa dan steakholder dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga menuju masyarakat yang lebih baik. -Asep J.-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *