BANK ARTOS MERENCANAKAN RIGHTS ISSUE UNTUK MENDUKUNG EKSPANSI USAHA

BANK ARTOS MERENCANAKAN RIGHTS ISSUE UNTUK MENDUKUNG EKSPANSI USAHA

Jakarta, Wartapelita.com

(31/05/2018) bertempat di Hotel Grand Mercure Jakarta Harmoni, Jakarta Pusat, PT Bank Artos lndonesia Tbk (“Perseroan”) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (‘RUPST”) dan Public Expose untuk memenuhi kewajiban sebagai Perusahaan Terbuka sekaligus untuk memaparkan kinerja Perseroan selama tahun 2017 kepada seluruh stakeholders. Sejauh ini saham Perseroan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kode perdagangan ‘ARTO’ tersebut mendapatkan respons positif dari pasar, yang terindikasi dari apresiasi harga saham sebesar

27.27% dari harga IPO sebesar Rp. 132,per lembar saham menjadi Rp. 168,per lembar saham dl akhir tahun 2017.

Dalam RUPST Manajemen Perseroan menyampaikan Laporan Tahunan Perseroan, termasuk didalamnya Laporan Kegiatan Perseroan dan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017.

“Di tengah situasi perekonomian nasional yang belum pulih, Perseroan mampu merealisasikan kredit baru sebesar Rp. 137,90 Milyar dan mencatatkan pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya,“ papar Reinantha Yaputra, Direktur Utama Perseroan.

Dalam laporannya, Manajemen Perseroan secara khusus juga menyampaikan rasa terima kasih atas tingginya tingkat kepercayaan masyarakat khususnya nasabah penyimpan dana pada Perseroan, sehingga di sisi penghimpunan dana Perseroan memperlihatkan pertumbuhan yang cukup signifikan sebesar 13.67% dibandingkan tahun 2016. “Perseroan selalu mampu menjaga tingkat likuiditas pada posisi yang aman dan sehat. Dalam menyikapi perlambatan pertumbuhan kredit yang terjadi di tahun 2017, Perseroan menetapkan strategi pendanaan yang berimbang untuk dapat memaksimalkan rentabilitas Perseroan.” jelas Reinantha Yaputra.

Status Perseroan sebagai Perusahaan Terbuka juga semakin meningkatkan keyakinan nasabah untuk bermitra dan bertransaksi dengan Perseroan. “Dengan menjadi perusahaan terbuka. kepercayaan dari relasi dan nasabah semakin meningkat seiring dengan tuntutan aspek keterbukaan dan pengawasan yang semakin tinggi ” jelas Deddy Triyana selalu Corporate Secretary Perseroan.

Sisi permodalan Perseroan juga masuh sangat memadai untuk  ekspansi usaha di tahun 2017. “CAR Perseroan pada akhir tahun 2017 tercatat sebesar 21.04%. Pencapaian CAR ini masih jauh diatas minimum ketentuan regulator atau dengan kata lain Perseroan masih memiliki ruang yang cukup besar untuk bertumbuh” tambah Deddy Triyana.

“Meskipun CAR Perseroan saat ini masih cukup tinggi, namun kami tetap mengantisipasi rencana pertumbuhan usaha kedepan dengan memperkuat permodalan melalui mekanisme Rights issue yang rencananya akan dilakukan pada Triwulan III tahun 2018 ini.” ujar Deddy Triyana “Kami mentargetkan perolehan dana Rights Issue sebesar Rp. 77.5 Milxiar untuk mendukung pertumbuhan usaha Perseroan dan meningkatkan CAR Perseroan menjadi 27,72% di tahun 2018 ini.” tambahnya.

Per Desember 2017 Bank Artos mencatatkan total aset sebesar Rp. 837,2 miliar, penghimpunan dana pihak ketiga sebesar Rp. 671.1 miliar dan penyaluran kredit sebesar Rp. 487,7 miliar.

Rasio-rasio keuangan Perseroan juga terjaga baik pada tingkat yang sehat dengan CAR 21,04%. NlM 4,81%, LDR 72,68% dan NPL 4.09%. Dalam kurun waktu tiga tahun kedepan Perseroan mentargetkan pertumbuhan rata-rata total aset 7.21%, dana pihak ketiga 7,76% dan penyaluran kredit rata-rata 18,94% setiap tahunnya. Pada Public Expose yang dilaksanakan pada hari yang sama, Manajemen Perseroan memaparkan target Perseroan untuk tiga tahun kedepan, dimana pada tahun 2020 Perseroan mentargetkan untuk mencapai total aset sebesar Rp. 1 triliun, dana pihak ketiga sebesar Rp. 839 miliar dan penyaluran kredit sebesar Rp. 821 miliar dengan target perolehan laba bersih sebesar Rp. 30 miliar.

Manejemen Perseroan pada acara Public Expose menjelaskan bahwa strategi bisnis Perseroan akan berfokus pada pertumbuhan dana berimbang yang disertai dengan akselerasi pertumbuhan kredit melalui pemilihan sektor pembiayaan yang tepat, dengan tujuan untuk memaksimalkan rentabilitas Perseroan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung strategi tersebut adalah dengan melakukan inovasi produk dan program pemasaran yang mampu bersaing dengan situasi industri perbankan saat ini. “Kami akan menambah tenaga pemasaran kami baik disisi pendanaan maupun perkreditan, disertai dengan inovasi produk dan program pemasaran seperti top-up program, referral program dan cross-selling program,” papar Deddy Triyana selaku Corporate Secretary Perseroan.

“Sebagai wujud komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik. kami juga telah melakukan pergantian Core Banking System (CBS) ke CBS Wincore yang telah efektif dioperasikan sejak tanggal 10 Oktober 2016.” tambahnya.

Bank Artos didirikan 24 tahun yang lalu pada tanggal 12 Desember 1992 di Bandung. Selama 24 tahun kiprahnya dalam industri perbankan nasional, Bank Artos secara konsisten mengedepankan misi untuk mendukung program pemerintah dalam memajukan sektor industri keeil dan menengah. Bank Artos senantiasa mengedepankan tiga pilar utama dalam pengelolaan bank yaitu. Tata Kelola Perusahaan yang baik, penerapan Manajemen Risiko sebagai budaya organisasi serta Kepatuhan (Compliance) terhadap aturan-aturan yang ditetapkan oleh pihak otoritas pengawas. yang pada akhirnya bermuara pada pengelolaan Bank sesuai prinsip kehati-hatian (prudential banking).

Tentang Bank Artos

Bank Artos memiliki 8 jaringan kantor yang berlokasi di Bandung, Jakarta dan Tangerang. Bank Artos menyediakan beragam jasa layanan perbankan untuk memberikan kenyamanan nasabah dan masyarakat dalam setiap aktifitasnya. Beberapa layanan utama Bank Artos antara lain adalah fasilitas ATM (tergabung dalam jaringan ATM Bersama). Sentra Pembayaran Tagihan Telepon, Flexi dan PLN, Fasilitas Penggajian Karyawan (Payroll System), Pembayaran Uang Sekolah. Pelayanan Antar Jemput Transaksi (Pick Up Service) dan Safe Deposit Box (SDB). Sejak tahun 2007, Bank

Artos telah mendapatkan Sertifikasi Manajemen Mutu ISO Versi 9001:2000 yang saat ini telah diperbaharui ke Versi 9001:2015.

Untuk Informasi, hubungi:

Deddy Triyana Corporate Secretary JI. Otto Iskandardinata No. 18 Bandung

Telp. (022) 4200202, Email : [email protected]

Reporter: Yayan Achmad Yani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.