BPJS Ketenagakerjaan dan DPD PGM Indonesia KBB Gelar Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Bandung Barat, Wartapelita com.

Bertempat di Gedung Suka Endah, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Perintis Kabupaten Bandung Barat bersama DPD PGM Indonesia menyelenggarakan kegiatan sosialisasi program jaminan sosial di kalangan guru madrasah yang berada di wilayah Kecamatan Cililin, (25/7).

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh puluhan kepala dan guru dari jenjang RA, MI, MTs, dan MA, Kementerian Agama KBB, pengurus PGM Indonesia kabupaten dan kecamatan, serta para pengawas.

Kepala Kantor Cabang Perintis Bandung Barat BPJS Ketenagakerjaan, Waluyo Suparto, mengatakan bahwa jaminan sosial sangat penting bagi para pekerja. Contoh kasus misalnya jika pekerja mengalami kecelakaan, kemudian tidak mengikuti asuransi apapun, akan berdampak pada tabungan berkurang atau mencari biaya ke sana sini. “Duduk saja ada risiko”, ungkapnya.

Untuk itu, dengan dasar MoU dengan Kantor Kemenag Kabupaten Bandung Barat serta bekerjasama dengan DPD PGM Indonesia Kabupaten Bandung Barat kami terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai jaminan sosial bagi para pekerja terutama di lingkungan guru madrasah yang bersatus non PNS. Ia menegaskan bahwa ranah pekerjaan Ketenagakerjaan meliputi risiko-risiko, kalau kesehatan itu wilayah BPJS Kesehatan. “Kalau sakit itu wilayah BPJS Kesehatan, kalau kecelakaan, itu ranah kami,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PGM Indonesia KBB, Asep memberikan apresiasi terhadap BPJS Ketenagakerjaan yang telah melaksanakan sosialisasi jaminan sosial. Melalui sosialisasi tersebut, ia berharap perlindungan guru semakin kuat, sejalan dengan Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14/2005 bahwa perlindungan guru meliputi; meliputi perlindungan hukum, perlindungan profesi, serta perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja, tegasnya. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *