Bupati: Jika Mampu, Pengelolaan Sampah Akan Diserahkan Kepada Karang Taruna

Bandung Barat, Wartapelita.com
Pengelolaan sampah akan diserahkan kepada Karang Taruna oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, S.Ip., apabila lembaga tersebut melakukannya secara lebih baik dan profesional dari pengelola yang sudah ada.

“Jika karang taruna mampu, saya akan serahkan pengelolaan sampah di Kab. Bandung Barat beserta seluruh armada truk dan retribusinya,” ucapnya ketika memberikan arahan pada Penilaian Pilar-Pilar Sosial Kategori Karang Taruna Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Desa Cipta Harja, Kec. Cipatat, Kamis (18/7) pagi.

Pernyataan tersebut dikatakannya menyusul keberhasilan Karang Taruna Giriharja Desa Cipta Harja dalam mengelola sampah hingga menjadi berkah.

Karena menurutnya, hingga kini permasalahan sampah masih menjadi momok menakutkan bagi pemda. Dan untuk mewujudkan Bandung Barat yang bersih dari sampah merupakan tanggung jawab bersama. “Jika Karang Taruna dinilai mampu mengelola sampah, saya akan atur seluruh regulasi dan payung hukumnya. Jika memang memungkinkan,” tuturnya.

Bupati mengatakan bahwa pihaknya akan mendukung berbagai inovasi yang dilakukan karang taruna demi kemajuan daerah. Sebab sebagai generasi muda, Karang Taruna harus kreatif dan inovatif dalam mendukung berbagai program pemda, termasuk dalam menanggulangi permasalahan sampah.

Penilaian kali ini merupakan penilaian 5 besar atau yang ketiga kalinya setelah sebelumnya dilakukan penilaian terhadap 21 kabupaten peserta sehingga mengerucut pada 5 kabupaten, termasuk Kab. Bandung Barat. “Jadi Karang Taruna harus bisa menjalin sinergitas dengan seluruh lembaga yang ada didesa agar bisa bersama-sama melakukan kegiatan kesejahteraan sosial,” terangnya.

Karena dalam melaksanakan usaha kesejahteraan sosial tidak bisa dilakukan sendiri tetapi harus senantoasa bersinergi dengan seluruh elemen serta harus siap dengan berbagai perkembangan zaman.(wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.