CEGAH PENYEBARAN DAN PENANGGULANGAN VIRUS CORONA, JAKSA AGUNG RI KELUARKAN SURAT EDARAN NOMOR 02 TAHUN 2020

wartapelita.com – Jakarta, Hari Senin Jaksa Agung RI. Dr. Burhanuddin, SH. MH. menyampaikan arahan kepada seluruh Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kepala Kejaksaan Negeri beserta jajaran dibawahnya yang dilaksanakan melalui sarana vicon (video conferen) mengenai pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) langsung dari ruang kerja Jaksa Agung RI.(16/03/20)

Pada kesempatan vicon tersebut Jaksa Agung berpesan agar seluruh jajaran pegawai Kejaksaan RI. menjaga kesehatan diri dan keluarga agar bisa terhindar dari penyebaran Covid 19 dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta mengikuti etika kesehatan (cara batuk dan buang ingus yang benar) dan segera melaporkan ke fasiltas kesehatan terdekat jika tubuh merasakan tanda-tanda infeksi Covid 19 agar dapat segera ditangani dan ditanggulangi oleh petugas kesehatan yang kompeten.

Untuk meminimalisir penyebaran Covid 19 Jaksa Agung RI juga mengeluaran Surat Edaran (SE) Nomor 02 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease (Covid 19) di Lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia yang pada pokoknya memungkinkan sebagian pegawai di lingkungan Kejaksaan RI bekerja dari rumah (Work From Home) sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan dan RB) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aapatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID 19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Berdasarkan SEJA Nomor 02 Tahun 2020 tersebut sebagian pegawai di lingkungan Kejaksaan RI dapat bekerja dari rumah dan tidak diwajibkan bekerja di kantor serta dibebaskan dari absen kehadiran di kantor dengan pengecualian untuk pejabat structural tetap melaksanakan tugas dan fungsinya di kantor untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan sebaik-baiknya antara lain :
•Di Kejaksaan Agung untuk Pejabat Eselon I, Eselon II dan Eselon III ;
•Di Kejaksaan Tinggi untuk Pejabat Eselon II, Eselon III dan Eselon IV ;
•Di Kejaksaan Negeri untuk Pejabat Eselon III, Pejabat Eselon IV dan Eselon V.

Bagi pegawai yang dimungkinkan bekerja dari rumah harus tetap berada di tempat tinggalnya masing-masing kecuali dalam kondisi mendesak untuk keperluan memenuhi kebutuhan pangan dan kesehatan dengan terlebih dahulu melaporkan kepada atasan masing-masing, Pada kesempatan vicon tersebut Jaksa Agung RI juga berpesan agar para pegawai yang dimungkinan bekerja dari rumah agar tetap di rumah dan jika pada saat dilakukan kontrol oleh atasan langsung tidak ada di rumah atau justru digunakan untuk jalan jalan atau berlibur maka yang bersangutan diwajibkan kembali untuk masuk kerja di kantor seperti biasa.

Kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak disatu tempat untuk sementara jangan dilaksanakan dahulu sampai ada pembeitahuan lebih lanjut, seperti apel, penyuluhan / penerangan hukum, sosialisasi dan yang lainnya. Bagi pegawai yang bekerja dari rumah juga dibebaskan dari absen secara elektronik sedangkan tunjangan kinerja dan hak-hak kepegawaian lainnnya tetap dipenuhi sebagaimana mestinya.

Acara pengarahan Jaksa Agung RI juga diikuti oleh Wakil Jaksa Agung RI, dan Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat serta Para Staf Ahli Jaksa Agung RI dari ruang kerja masing-masing menggunakan aplikasi ZOOM ;
Acara vicon hari ini merupakan rangkaian kegiatan Kejaksaan RI dalam rangka ikut berpatisipasi dalam menyegah penyebaran virus corona, dimana sebelumnya bertempat di Aula Pradata Jamdatun Kejaksaan Agung RI Jakarta telah dilaksnakan sosialisasi pencegahan dan penanggulanan corono virus (Covid 19) dari Tim Komite Penanggulangan Penyakit Infeksi (PPI) dan Dokter Spesialis Paru RSU Adhyaksa Jakarta yang disiarkan secara langsung dari media sosial yang dikelola Media Centre Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung RI.

Selain itu sebelumnya juga sudah dilakukan kegiatan penyuntikan vaksin anti influensa yang dilaksanakan oleh Tim Dokter RSU Adhyaksa dan Poliklinik Kejaksaan Agung RI yang secara pro aktif mendatangi seluruh pegawai di ruang kerja masing masing dengan harapan masing masing pegawai mempunyai daya tangkal atau immunitas terhadap penularan virus corona yang sedang mewabah di Indonesia, khususnya kawasan Kebayoran Baru yang merupakan lokasi Kejaksaan Agung RI berada dan sudah termasuk sebagai wilayah endemik Covid 19. (KAPUSPENKUM)

Reporter

Yayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *