Diskes Koarmada I Bekali Edukasi Pencegahan Penyakit Hepatitis A Kepada Personel

wartapelita.com – Jakarta, Dalam rangka mencegah penyebaran penyakit Hepatitis di lingkungan keluarga Prajurit dan PNS Koarmada I, Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada I menggelar Ceramah Kesehatan tentang Penyakit Hepatitis bertempat di GOR O.B. Syaaf Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari Jakarta Pusat, Senin (19/8/19).

Kepala Dinas Kesehatan Koarmada I Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta J, Sp.PD., FINASIM., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan Ceramah Kesehatan tentang Penyakit Hepatitis A ini merupakan salah satu program kerja Diskes Koarmada I dalam pembinaan kesehatan di lingkungan Koarmada I, dengan tujuan agar Prajurit dan PNS Koarmada I dapat memahami apa itu Penyakit Hepatitis dan cara pencegahannya sehingga dapat mengantisipasi secara dini jika timbul gejala-gejala awal dengan segera menghubungi tenaga medis terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Melalui Ceramah Kesehatan ini, diharapkan kepada Prajurit dan PNS Koarmada I dapat memahami bahaya yang ditimbulkan Penyakit Hepatitis sehingga senantiasa melakukan tindakan pencegahan dengan menjaga pola hidup sehat dalam keseharian baik di lingkungan kerja maupun tempat tinggal,” ujar Kadiskes Koarmada I.

Ceramah Kesehatan tentang Penyakit Hepatitis disampaikan oleh Letkol Laut (K) dr. Mukti Fahimi, Sp.PD., yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubdep Jantung Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Mintohardjo Jakarta.

Dalam paparannya, dr. Mukti menyampaikan bahwa Penyakit Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus, obat-obatan yang hepatotoksik, alkohol dan penyebab infeksi bakteri lainnya.

Gejala Hepatitis A muncul beberapa minggu setelah penderita tertular virus tersebut. Gejala yang ditimbulkan, penderita dapat mengalami demam, lemas, mual dan muntah, warna urine menjadi gelap, dan warna tinja menjadi pucat. Hepatitis A akan sembuh dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh penderita dapat membasmi virus tersebut. Pengobatan yang diberikan hanya untuk meringankan gejala-gejala yang dialami penderitanya, sambil menunggu penyakit sembuh.

Infeksi Hepatitis A tidak menyebabkan penyakit liver jangka panjang (kronis) dan jarang berakibat fatal. Meski demikian, penyakit ini berpotensi menyebabkan gagal hati, terutama pada lansia dan orang yang sudah menderita penyakit liver kronis sebelumnya. Hepatitis A dapat dicegah dengan cara melakukan Vaksinasi Hepatitis A, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menghindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang.

Reporter

Yayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *