Dorong Siswanya Kuasai Keterampilan Menulis, MA At-Taqwa Gelar Sidang Munaqosah KTI Perdana

Bandung Barat, wartapelita.com-Sidang Munaqosah Karya Tulis Ilmiah siswa Madrasah Aliyah At-Taqwa Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat merupakan bagian dari syarat menyelesaikan kegiatan belajar di PPI 161 At-Taqwa Cihampelas tingkat Madrasah Aliyah/Mualimin kelas XII. Sidang munaqosah perdana dilaksanakan pada Senin (3/5/2021).

Kepala Madrasah Aliyah At-Taqwa Cihampelas, Yusuf Taufik mengungkapkan bahwa kegiatan sidang munaqosah KTI (Karya Tulis Ilmiah) MA At-Taqwa Cihampelas merupakan proses pembelajaran menulis bagi santri kelas XII agar di perguruan tinggi tidak asing lagi dengan pembuatan makalah dan tugas akhir. Jurusan Kelas XII MA At-Taqwa Cihampelas adalah ilmu-ilmu keagamaan, maka KTI yang ditulis temanya berhubungan dengan mata pelajaran keagamaan.

“Proses pembelajaran menulis bagi santri kelas XII agar di perguruan tinggi tidak asing lagi dengan pembuatan makalah dan tugas akhir. Jurusan Kelas XII MA At-taqwa Cihampelas adalah ilmu-ilmu keagamaan, maka KTI yang ditulis temanya berhubungan dengan mata pelajaran keagamaan,” ungkapnya kepada Warta Pelita (25/5/2021).

Pada kegiatan tersebut, peserta sidang KTI ada 4 orang dan proses persidangan dibagi menjadi dua majlis. Majlis pertama diuji oleh Heri Priatna, S.Ag. dan Lilis Lenawati, M.Pd. sedangkan majelis kedua diuji oleh Muhammad Abdul Ghofur, M.Pd. dan Ade Tina Rohimah, M.Pd.

Yusuf menambahkan munaqosah dapat dilakukan berkat kerjasama semua civitas akademik MA At-Taqwa Cihampelas. Sebelumnya santri kelas XII MA At-Taqwa Cihampelas dibekali pembelajaran tentang KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang dipelajari di semester gasal.

“Tiap santri dibimbing oleh dua guru pembimbing yaitu guru pengampu mata pelajaran PAI, guru sastra, guru KTI, dan guru bahasa Indonesia. Untuk mempermudah kegiatan sidang munaqosah KTI ke depan mata pelajaran KTI sudah dipelajari santri kelas XI jurusan IPS di semester genap agar nanti di kelas XII tinggal praktik untuk penulisan,” katanya.

Ia menuturkan jumlah santri kelas XII MA At-Taqwa Cihampelas ada 27 orang, pendaftar sidang munaqosah KTI gelombang pertama ada 4 orang. Untuk sidang munaqosah KTI kedua akan dilaksanakan di bulan Juni.

Yusuf berharap agar para siswa memiliki semangat dalam menulis salah satunya melalui kegiatan penulisan KTI di lingkungan madrasahnya.

“Semoga menjadi pelajaran dan semangat menulis bagi santri PPI 161 At-Taqwa Cihampelas. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin,” harapnya.
Reporter : Dadan S.
Editor: S.Permana W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *