KOARMADA 1 GELAR LATIHAN GLADI TUGAS TEMPUR (GLAGASPUR) TINGKAT III/L-3 TERPADU TAHUN 2018

Jakarta, wartapelita.com

Komando Armada I (Koarmada I) menggelar Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) tingkat III/L-3 terpadu tahun 2018, yang akan dilaksanakaln dalam perairan Kepulauan Riau – Dabo singkep , semenjak dari mulai 30 Juli 2018 sampai dengan 9 Agustus 2018. Adapun tujuan dalam kegiatan Glagaspur Tingkat III/3 Terpadu tahun 2018 antara lain adalah:

1. Meningkatkan kesiapsiagaan personel dan alutsista Koarmada I serta mengukur kemampuan satuan tugas Koarmada I dalam mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

2. Melatih kemampuan penyiapan Operasi laut dan Operasi Amfibi guna menghadapi dan mengagalkan pengusaan wilayah NKRI oleh pihak musuh dan kemungkinan kelompok separatis bersenjata yang telah diagitasi oleh pihak musuh.

3. Melatih kemampuan komando,kendali dan komunikasi dengan seluruh unsur maupun satuan terkait Latihan Glagaspur Tk.III Terpadu Koarmada 1 tahun 2018.

Latihan Glagaspur tingkat III/L3 Terpadu Tahun 2018 melibatkan kekuatan 15 Unsur KRI, dan 2 Pesawat Udara serta Pasukan Marinir yang terdiri dari, a ). 1 ┬áKRI jenis Multi Role Light Freegat (MLRF) KRI Bung Tomo – 357, b).2 KRI jenis Perusak Kawal (PK) Parchim Class yaitu KRI Wiratno – 379 dan KRI Sultan Thaha Syaifudin – 376, c). 3 KRI jenis Angkut Tank Frosch (ATF), yaitu KRI Teluk Celukan Bawang – 532, KRI Teluk Sibolga – 536 dan KRI Teluk Sabang – 544, d). 2 KRI jenis Kapal Cepat Rudal (KCR 40) yaitu KRI Kujang – 642, dan KRI Alamang – 644, e). 4 KRI Jenis Kapal Patroli (PC) yaitu KRI Sikuda – 863, KRI Sigurot – 864, KRI Silea – 858 dan KRI Lepu -861, f). 1 KRI Jenis Bantu Tunda Samudera (BTD) yaitu KRI Leuser – 924, g). 2 KRI jenis Penyapu Ranjau (PR) yaitu KRI Pulau Rangsang – 727 dan KRI Pulau Rusa – 726, h). 2 unsur Pesawat Udara yang terdiri dari I Pesud Cassa – 6205 dan I Pesawat Helly BO – 105, i).Pasukan Marinir (Pasmar 1),3 tank BMP – 3 F serta 7 Pensam BTR – 50 M.

Adapun materi latihan yang akan dikembangkan adalah Tahap Perencanaan Latihan, Tahap Embarkasi, Tahap Latihan Umum (Latum), tahap gerakan menuju sasaran (GMS), Tahap serbuan serta Tahap Pengakhiran Latihan, dalam pelaksanaannya melibatkan 1.065 orang ” Ujar Panglima Yudo”. Selama Tahap gerakan menuju sasaran, unsur-unsur KRI yang tergabung dalam Satuan Tugas Laut (Satgasla) akan melaksanakan latihan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan profesionalisme prajurit diantaranya adalah Latihan melewatu Medan Ranjau, Latihan Manuver Taktis,Latihan Prosuder Komunikasi,Latihan Penyelamatan Kapal dan Nubika,Latihan Penembakan Meriam.

Latihan puncak dilaksanakan saat konvoi tiba di daerah Serbuan Amfibi yaitu dengan melaksanakan pendaratan Amfibi di Pantai Todak Dabo Singkep dengan mendaratkan 2 SSK Pasukan pendarat dari Pasmar 1 dengan menggunakan 3 Tank BMF -3F dan 7 Pansam BTR – 50 M. Selain kegiatan latihan ini, juga akan dilaksanakan Kirab Alutsisa TNI AL, Bakti sosial yang dilaksakan oleh Dinas Potensi Maritim Koarmada I serta Panggung Prajurit bagi masyarakat sekitar.(Yayan Achmad Yani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *