KOARMADA I MELAKSANAKAN PENGAMANAN EVAKUASI 172 ABK MV AMSTERDAM

wartapelita.com – Komando Armada I melaksanakan pengamanan proses evakuasi terhadap 172 ABK asal Indonesia yang berada di kapal pesiar MV Amsterdam, Rabu (6/5).

Proses evakuasi dilakukan di perairan laut Teluk Jakarta yang selanjutnya dibawa menuju ke dermaga JICT, Jakarta Utara. Prajurit Satkopaska Koarmada I dengan menggunakan sea rider mengenakan APD lengkap mengawal jalannya evakuasi 172 ABK dari MV Amsterdam

WNI ABK yang tiba langsung menjalani pemeriksaan sesuai protokol pemeriksaan Covid-19, selanjutnya dibawa menuju hotel Mercure untuk menjalani isolasi mandiri dan observasi kurang lebih selama dua pekan. Seluruh ABK yang dievakuasi mengikuti rapid test sebagai langkah awal dalam mengindikasi jika seseorang terpapar Covid-19.

“Mereka yang dievakuasi akan menjalani test swab untuk memastikan terbebas dari virus corona atau Covid-19. Setelah itu, mereka akan menjalani isolasi mandiri selama dua pekan, ” demikian dijelaskan Komandan Lantamal III, Brigjen TNI Marinir Hermanto selaku Komandan Satgas Evakuasi ABK.

Sebelumnya telah dilaksanakan evakuasi terhadap 57 WNI ABK MV Artania, 359 WNI ABK MV Explorer Dream dan 375 WNI ABK MV Carnival Splendor di pelabuhan yang sama.

“Apabila ada yang terindikasi terpapar Covid-19 akan langsung di rujuk ke RS Wisma Atlet. Semua ABK WNI yang di evakuasi akan diberlakukan prosedur yang sama, untuk menjamin bahwa sebelum mereka kembali ke daerah asal memiliki status sehat, tidak terpapar Covid-19,” tambahnya.(ya2n)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *