KOLINLAMIL TINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN DI MOS SMA/SMK

wartapelita.com – Jakarta, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melalui staf potensi maritim melaksanakan pembinaan dan penyuluhan penguatan karakter siswa dalam masa orientasi siswa (MOS) atau sekarang lebih dikenal Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di beberapa sekolah di wilayah Jakarta Utara, Selasa (16/7).

MOS atau PLS ini lebih difokuskan dalam membangun karakter nasionalisme siswa dengan mengacu pada materi dari Kemendikbud.“Keterlibatan Kolinlamil (TNI AL) dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan bagian dari pembinaan potensi sumber daya manusia melalui komunikasi sosial yang disesuaikan dengan materi kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud.” Ujar Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. Lebih lanjut sang Panglima mengatakan bahwa materi pembekalan diarahkan pada pembentukan karakter berkaitan dengan nasionalisme, cinta tanah air dan rela berkorban, dimana sejalan dengan program pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia yang memiliki karakter ke-Indonesiaan.
Beberapa sekolah secara bersamaan menerima pembekalan dari para perwira dan bintara Kolinlamil diantaranya SMA 40 Pademangan, SMK Global Cendekia Tanjung Priok, SMA Bina Bangsa Pantai Indah Kapuk dan SMA/SMK IPEKA Pluit dan lain-lain.

Kolinlamil telah membentuk beberapa tim yang terdiri dari para perwira dan bintara untuk mendukung permintaan sekolah-sekolah dalam mengisi materi pembentukan karakter kebangsaan tersebut. Para perwira dan bintara pemateri, merupakan prajurit profesional yang telah menerima pembekalan sosialisasi dari Kementrian pertahanan, Mabes TNI maupun Mabes TNI AL tentang berbagai materi komunikasi sosial termasuk empat pilar kebangsaan. “Para perwira dan bintara yang tergabung dalam tim ini adalah personel pilihan yang telah dibekali keilmuan melalui pendidikan dan kursus serta sosialisasi berbagai macam materi termasuk empat pilar kebangsaan meliput Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” tutur Aspotmar Pangkolinlamil Kol Laut (P) Hari Mulyadi, S.E.,M.M.,M.Han. selaku penyusun dan penyelenggara kegiatan pembinaan potensi maritim dalam mendukung sistem pertahanan negara di laut.

Selain materi wawasan kebangsaan dan pembangunan karakter, juga dikenalkan tentang TNI AL khususnya Kolinlamil yang merupakan salah satu dari Komando Utama (Kotama) TNI AL yang bertugas membina potensi angkutan laut nasional dalam rangka mendukung sistem pertahanan Negara di laut.

Kegiatan pembekalan ini akan berlangsung selama masa orientasi (MOS/PLS) di sekolah-sekolah, baik negeri maupun swasta di wilayah Jakarta khususnya Jakarta Utara.

Reporter

Yayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *