Launching Calender of Event Sulawesi Selatan 2018

Tiga Event Unggulan Sulsel Dorong Peningkatan Kunjungan stman

Jakarta, wartapelita.com

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) H. Tautoto Tana Ranggina dan Walikota Makassar H.Moh.Ramdhan Pomanto meluncurkan Calender of Event Sulawesi Selatan 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kamis malam (12/7/2018). Provinsi Sulsel tahun ini memiliki tiga event unggulan yang masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia 2018 yaitu Eight Festival (F 8), Lovely December, dan Festival Phinisi.’

Menpar Arief mengapresiasi lauching Calender of Event Sulawesi Selatan 2018 sebagai upaya mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulsel yang tahun ini ditargetkan 250.000 wisman. 

“Sulsel memiliki 3 event pariwisata yang masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia 2018 dan jumlah ini terbanyak di antara 6 provinsi yang ada di Sulawesi; Sulut 2 event, Sulteng 2, Sultra 2, Gorontalo 2, dan Sulbar 1 event,” kata Menpar Arief. 

Menpar Arief Yahya menjelaskan, unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) unluk Provinsi Sulsel cukup memadai dalam mendukung pariwisata khususnya untuk konektivitas Bandara Intemasional Sultan Hasanunddin Makassar yang menjadi hub dan pintu gerbang bagi wisatawan berwisata kc destinasi di Indonesia Timur. 

Sekda Sulsel H. Tautoto Tana Ranggina mengatakan, peluncuran Calender of Event Sulsel 2018 dalam rangka mendukung program Kemenpar dalam menyukseskan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia serta program promosi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel ‘South Sulawesi’ untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan baik wisman maupun wisnus. 

“Kunjungan wisman ke Sulsel tahun 2016 sebanyak 234.249 dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 8,4 juta. Sebagian besar wisatawan tersebut berkunjung kc Makassar mencapai 74%, sedangkan kc Toraja 8%, dan Bulukumba 2% dan destinasi lain 2%,” kata H. Tautoto.

Tiga Event Unggulan

Pelaksanaan Makassar International Eight Festival (F8) and Forum akan berlangsung di Pantai Losari, Makassar pada 10-14 Oktober 2018 mendatang. Eight Festival menampilkan 8 unsur pertunjukan yaitu fashion, film, folk. flora & fauna, Fine art, fussion music, dan fiction writer & font yang menyertakan para peserta dari mancanegara. 

Pada penyelenggaraan Eight Festival pada lahun 2017 yang lalu ditampilkan sebanyak 10 ikon kuliner; 100 peserta kota dunia; 1.000 penunjukan musik; 10.000 atraksi budaya; 100000 pagelaran seni dan penunjukan; dengan target 1 juta pengunjung. Temu saja event ini memberikan direct impact ekonomi pariwisata yang tinggi bagi masyarakat Makassar. 

Walikota Makassar H.Moh.Ramdhan Pomanto mengatakan, penyelenggaraan Eight Festival 2018 memasuki tahun ke-3 dengan peserta dari mancanegara diharapkan akan meningkat dari tahun lalu yang diikuti 100 peserta internasional (Australia, Swiss. India, Norwegia, Tunism. Belanda, Amerika, Taiwan, Fiji, dan Malaysia). 

Untuk penyelenggaraan Festival Phinisi 2018 akan berlangsung di Kabupaten Bulukumba pada 13 hingga 16 September 2018. Festival Phinisi menampiIkan keunikan budaya pembuatan Kapal Phinisi, mulai dari ragam keahlian proses pembuatan hingga peluncuran yang disertai dengan upacara ritual. Kapal Phinisi yang dibuat di Tana Beru Bulukumba ini merupakan warisan budaya bangsa dan kini menjadi lkon Indonesia. 

Sementara itu Festival Lovely Toraja 2018 akan berlangsung di Kota Makale pada 28-29 Desember 2018 mendatang. Event tahunan festival budaya Lovely Toraja tahun ini dimeriahkan dengan festival dan Iomba di antaranya: Festival Kopi dan internasional Barista Competition; Festival Foto Wisata; Toraja Night Run; Pameran Kuliner; serta pegelaran seni budaya. Acara Lovely Desember lalu mampu mendorong kunjungan wisman ke Tana Toraja meningkat hingga 35% pada tahun lalu. 

Selain tiga event yang masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia 2018, beberapa top event juga akan berlangsung diantaranya Beautiful Malino di Gowa pada 14-15 Juli 2018, Toraja Marathon di Toraja pada tanggal 20 Oktober 2018, Festival Takabonerate dan Sail & Sale Selayar di Selayar pada 23-28 Oktober 2018, serta Festival Danau Tempe pada 19 22 September 2018. (Yayan Achmad Yani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *