MTs Al Qomariah Raih Juara 1 Lomba Pramuka ke-2 Tingkat Kwarcab Bandung Barat

Bandung Barat, wartapelita.com-Kontingen MTs Al Qomariah meraih Juara 1 Tingkat Penggalang sekaligus mempertahankan piala bergilir dalam Lomba Pramuka ke II Kwarran Cililin tingkat Kwartir Cabang Bandung Barat di Yayasan Pondok Pesantren Arafah, Cililin (Minggu, 6/2/2022).

Kejuaraan tersebut diraih oleh MTs Al Qomariah setelah memenangi lomba Juara 1 LKBB, Juara 2 Lomba Tangkas Putra, Juara 1 Senam Putra dan Juara 3 Lomba Senam Putri.

Adapun perolehan juara 1 dalam Lomba Tingkat Kwarcab Bandung Barat itu merupakan upaya mempertahankan prestasi yang sama 2 tahun lalu. Tropi diserahkan langsung oleh Pengurus Kwarcab Bandung Barat.

Kamabigus MTs Al Qomariah, Misbah Musmiran mengucapkan syukur bahwa Lomba Pramuka tahun 2022 bisa terlaksana melalui tatap muka.

Hal itu dapat menumbuhkan semangat peserta dan gereget lomba lebih terasa. Sebab, peserta merasakan langsung suasana di lapangan dan merasakan persaingan dengan kontingen lain.

“Saya bersyukur bahwa Lomba Pramuka tahun 2022 bisa terlaksana melalui tatap muka. Sehingga semangat peserta dan gereget lomba lebih terasa. Sebab, peserta merasakan langsung suasana di lapangan, dan merasakan persaingan dengan kontingen lain,” ucap Misbah kepada WP (9/2/2022).

Misbah mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk pembinaan mental, membentuk karakter, membentuk disiplin siswa, agar lebih kreatif serta memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki minat dan bakat.

“Lomba Pramuka telah mampu memberikan wadah untuk siswa berkreatif sesuai bakatnya masing-masing, sehingga termotivasi melakukan pembinaan di setiap sekolah dan madrasah, karena alat ukurnya saat mengikuti kegiatan lomba pramuka ini,” kata Misbah.

Misbah berharap kegiatan lomba Pramuka semacam ini lebih sering digelar di tiap sekolah dan madrasah. Hal itu menjadi alat ukur pemetaan terkait dengan kualitas pendidikan di bidang kepramukaan. Apalagi menurutnya, pendidikan kepramukaan telah masuk kurikulum 2013.

Di dalam Pendidikan kepramukaan telah diatur adanya sumpah janji dan ketentuan moral, sebagai tumpuan pendidikan karakter.

Misalnya bagi kelompok siaga ketentuan moralnya tertuang dalam Dwi Darma dan Dwi Satya merupakan dua komitmen, sebagai kode kehormatannya.

“Apalagi di dalam kepramukaan telah diatur adanya sumpah janji dan ketentuan moral, sebagai tumpuan pendidikan karakter. Contohnya untuk kelompok siaga ketentuan moralnya tertuang dalam Dwi Darma dan Dwi Satya merupakan dua komitmen, sebagai kode kehormatannya,” pungkas Misbah.

Kontributor: Dadan Saepudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.