Pengembangan BUMDes Dalam Mensejahterakan Masyarakat


Bandung Barat, wartapelita.com

Bimbingan teknis perencanaan pengembangan BUMDes dan sosialisasi evaluasi layanan lain fungsi bangunan gedung di gelar Kamis (2/5), Graha A. H Pane Hotel Panorama Lembang. Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa setra penanaman modal dan pelayanan terpadu KBB menjelaskan tujuan adanya kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman aparatur desa dalam pengembangan BUMDes dan pemberian sertifikat layak fungsi. Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna S.Ip., hadir untuk membuka kegiatan ini.

“Dari 165 desa di KBB kurang dari 10% yang mampu menjalankan BUMDes dan menghasilkan keuntungan” ujar Bupati.

Bupati menyebut pengembangan badan milik usaha desa (BUMDes) terkendala beberapa masalah. Di antaranya, masih banyak dari aparatur desa dan masyarakat yang belum paham betul tentang pengembangan BUMDes. Seperti diketahui, BUMDes adalah sebuah lembaga usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa juga masyarakatnya, dengan tujuan memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini, Bupati berharap aparatur desa akan mampu mengembangkan BUMDes dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Serta hadirnya pengusaha di kegiatan ini, diharapkan mampu mengembangkan potensi KBB dan memberikan kontribusi sesuai visi dan jargon KBB akur lumpat.
(Trias / Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *