PKBM Bina Bangsa Berkarakter Harapkan Akses Jalan yang Nyaman


Cisarua, wartapelita.com
PKBM Bina Bangsa Berkarakter yang beralamat di Kampung Cilimus, Desa Pada Asih Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat terus bernah diri meningkatkan layanan pendidikan kepada masyarakat mulai dari pogram PAUD, Kesetaraan paket A, B, C, perpustakaan, seni musik, dan program lainnya.

Ketua PKBM Bina Bangsa Berkarakter, Rosani Pudjiati menuturkan bahwa PKBMnya berkomitmen menjadi lembaga pendidikan nonformal yang betul-betul keberadaannya dapat dirasakan oleh masyarakat terutama terkait dengan pentingnya pendidikan berbasis karakter.

“PKBM kami menekankan pentingnya kegiatan pembelajaran dan pendidikan karakter betul-betul dirasakan oleh warga belajar, bukan sekadar ingin mendapatkan ijazah,” tutur Rosani kepada WP (5/7/2021).

Rosani mengatakan bahwa PKBMnya terus berupaya meningkatkan layanan pendidikan bagi warga belajarnya baik dari aspek inprastruktur maupun program-program yang nantinya menjadi bekal bagi mereka ketika selesai pendidikannya.

Ia pun menuturkan bahwa lulusan dari PKBM nya dapat meniti karier dengan baik, seperti menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), wiraswasta, bekerja di perusahaan, dan profesi lainnya serta ada yang meneruskan ke jenjang perguruan tinggi.

“Alhamdulillah lulusan dari kami sudah ada yang menjadi ASN, bahkan ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi seperti Ibu Yuli yang saat ini pula menjadi tutor di PKBM Bina Bangsa Berkarakter,” ungkap Rosani.

Di tengah perjuangannya mengelola pendidikan nonformal, Rosani berharap ada akses jalan yang nyaman sehingga warga belajarnya dapat dengan nyaman berada di PKBMnya. Selain itu, ketika akses jalan bagus menuju PKBM yang dikelolanya, hal itu akan dirasakan juga bagi warga sekitar.

Akses jalan di PKBM Bina Bangsa Berkarakter sebelah kanan berdampingan dengan SMPN 3 Cisarua, Rosani berharap bisa dibuka akses jalan dari SMPN 3 Cisarua, apalagi di area sekolah tersebut terdapat tanah milikinya yang berukuran 1.120 meter.

Selain itu, di sebelah kiri ada akses jalan gang, ia berharap dapat diperhatikan untuk diperbaiki oleh pemangku kebijakan seperti program paving block jalan gang.

Sementara itu, salah seorang tutor sekaligus alumni PKBM Bina Bangsa Berkarakter, Lia Yuliani mengatakan bahwa aktif di PKBM tersebut ada kenyamanan, kebahagiaan, dan terasa tidak punya beban karena ada kepuasan tersendiri.

“Nyaman, bahagia, serasa ngga punya beban, ada kepuasan tersendiri, bisa berkumpul di tengah-tengah anak-anak, entah itu anak PAUD atau pun anak-anak warga kesetaraan,” ungkapnya.

Lia Yuliani merupakan angkatan ke-8 lulusan 2020 dari PKBM Bina Bangsa Berkarakter dan saat ini sedang menempuh studi di IKIP Siliwangi Bandung pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Semester III.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *