PKBM Bina Bangsa Berkarakter, Wujudkan siswanya Berkarakter


Bandung Barat, wartapelita.com-Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Bangsa Berkarakter, yang beralamat di Kampung Cilimus RT 02 RW 03 Desa Padaasih Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat terus berupaya mewujudkan pendidikan karakter kepada siswa yang belajar di PKBM dari mulai jenjang PAUD, Paket A, Paket B, dan Paket C.

“Penilaian kami 75% pendidikan karakter hal itu dilatarbelakangi pola asuh orang tua yang salah, anak-anak yang putus sekolah, pendidikan etika/budi pekertinya belum memadai. Di lapangan itu yang dibutuhkan bukan pintarnya tapi karakternya maka kami mendidik tentang disiplinnya, etos kerjanya, kemudian tanggung jawabnya, kejujurannya itu yang utama.” Tutur Pengelola PKBM Bina Bangsa Berkarakter, Rosani Pudjiati saat dihubungi WP (27/03/2021).

Rosani menuturkan bahwa kegiatan kegiatan pembelajaran di PKBM nya dilaksanakan setiap hari Sabtu sampai Minggu adapun Senin sampai Jumat para siswa mengerjakan modul dan hari Sabtu mereka ke sekolah untuk melaporkan hasil modulnya. Bahkan para siswa dapat berdiskusi terkait dengan materi pelajaran kepada para tutornya.

Masih menurut Rosani, untuk meningkatkan kemampuan public speaking (berbicara di depan umum) dan menulis karya tulis para siswa di PKBM nya belajar bahasa Indonesia juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing dipelajari bahasa Inggris.

“PKBM Bina Bangsa Berkarakter mengajarkan pelajaran bahasa Indonesia agar anak-anak (siswa-red) dapat tampil di muka umum bisa membuat karya ilmiah. Kemudian kami pun mengajarkan bahasa Inggris, mengapa belajar bahasa Inggris? Karena ketika mereka terjun di lapangan siapa tahu ada siswa nantinya yang bekerja di kapal pesiar mereka dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.” Ungkapnya.

Siswa yang terdaftar di Dapodik PKBM Bina Bangsa Berkarakter berjumlah 97 siswa dan para siswa tidak dipungut biaya. PKBM ini kami dirikan oleh keluarga, para pengurus berusaha untuk mencari beasiswa dan dapat beasiswa dari PLN Pusat dan untuk honorarium tutor dianggarkan dari bantuan operasional (BOP) PKBM dari pemerintah.

“Siswa PKBM Bina Bangsa Berkarakter dapat beasiswa dari PLN Pusat, yang besaran untuk paket A Rp 300 ribu setiap tiga bulan sekali, paket B Rp 450 ribu, dan untuk paket C Rp 600 ribu.” Katanya.

Rosani pun menuturkan bahwa kelulusan warga belajar nya tidak hanya ditunjang dari aspek kognitif saja. Akan tetapi, kami membina karakter dan hal itu dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat. Kemudian pendidikan life skills nya dengan mengadakan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan pembuatan pupuk dari kulit buah dan pelatihan komputer.

PKBM sudah meluluskan 9 angkatan. Lulusan sudah bekerja ada yang menjadi pegawai negeri, ada yang di swasta, langsung lulus diterima di perusahaan, ada lulusan paket C yang menjadi guru di PKBM Bina Bangsa Berkarakter dan saat ini sedang kuliah di PGSD IKIP Siliwangi juga ada yang kuliah di Karang Taruna Institute.

Saat ini PKBM Bina Bangsa Berkarakter masih kekurangan sarana berupa komputer untuk menunjang kegiatan belajar serta pengembangan life skills bagi warga belajarnya. Ia berharap pemerintah dapat membantu dan mendukung penyediaan komputer. Pungkasnya.

(Dadan Saepudin)
Editor:S.Permana W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *