PRAJURIT KOLINLAMIL BERLATIH MENEMBAK UNTUK ASAH KEMAMPUAN

*
Jakarta, 3 Oktober 2019 — Dalam rangka meningkatkan profesionalisme, khususnya dalam kemampuan menembak pistol, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan latihan menembak di lapangan Tembak Lantamal III, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis (3/10). Kegiatan tersebut, dipimpin langsung Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M.

Dalam latihan tersebut, setiap peserta diberi kesempatan menembak peluru percobaan, 10 peluru untuk menembak slow dan 10 peluru untuk menembak rapid dalam jarak 25 meter. Dihadapan para pejabat utama Kolinlamil dan seluruh perwiranya, Panglima Kolinlamil mengingatkan agar mengikuti latihan menembak ini dengan sebaik-baiknya dan memperhatikan faktor keamanan baik materiil maupun personel.

Pada kesempatan itu, Laksamana bintang dua yang akan segera menempati pos barunya sebagai Panglima Koarmada II ini menyampaikan beberapa tips agar kemampuan menembak para personel mengalami peningkatan yang singnifikan. Yang pertama adalah penggunaan peluru percobaan pertama harus betul-betul dimanfaatkan untuk menentukan bidikan apakah sudah tepat atau belum. Hasil dari menembak peluru percobaan ini, akan sangat menentukan pada pelaksanaan menembak selanjutnya. Hasilnya dikoreksi kurang ke kiri atau ke kanan, atau kurang ke atas atau ke bawah. “peluru percobaan tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membidik sasaran, bukan sebagai sarana untuk melakukan pemanasan. Ini salah kaprah,” ujar Panglima Kolinlamil.

Tips berikutnya yang perlu diperhatikan adalah posisi pisir dan pejera harus sejajar dalam membidik sasaran, walaupun bergerak ke kanan atau ke kiri, gerakannya harus tetap sejajar. Setelah itu, baru kita menentukan sasarannya. “Semua penembak itu, dalam membidik sasaran goyang, tetapi gerakannya tetap mempertahankan posisi pisir dan pejera tetap sejajar,” jelas Panglima Kolinlamil.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting dalam menembak adalah saat menarik pelatuknya. Disini perlu kesabaran dan harus lembut saat menarik pelatuknya, sehingga pada saat peluru meledak, kita tidak merasakannya. Apabila mengikuti tips tersebut, maka Panglima Kolinlamil menjamin bahwa semua peluru masuk sasaran. “Saya jamin, peluru akan masuk sasaran,” tegas Panglima Kolinlamil. Turut hadir seluruh pejabat utama Kolinlamil dan para prajurit yang tergabung dalam yanus menembak.

Reporter

Yayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *