Sebuah Goresan Pena Menyoal Kompetensi Guru Oleh: Evi Susanti, M.Pd.

Guru adalah jembatan ilmu pengetahuan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ada empat kompetensi guru menurut Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.

Pertama, kompetensi kepribadian sebagai guru harus mempunyai kemampuan dalam menata kepribadian yang elok pola pikir yang dinamis dan mengedepankan empati dalam merangkul siswa.

Kedua, kompetensi pedagogik artinya guru harus pandai mengelola pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dengan media pembelajaran yang interaktif sehingga membangun stimulus siswa untuk aktif, kreatif dalam pembelajaran.

Ketiga, kompetensi Profesional yaitu kemampuan guru dalam penguasaan materi yang diampu serta mampu mentransfer ilmu dengan pendalaman materi yang dikaji yang dikorelasikan dengan pembelajaran secara kontekstual.

Keempat, kompetensi Sosial komampuan dalam berinteraksi dengan semua individu baik itu di lingkungan sekolah, institusi atau lingkungan masyarakat, sehingga tercipta hubungan yang dinamis untuk menciptakan partisipasi yang integral.

Empat kompetensi tersebut memberikan pemahaman bahwa peran guru sangatlah krusial untuk membantu pemerintah dalam menciptakan generasi bangsa yang cerdas, bertanggung jawab bagi kemajuan dirinya sendiri serta berakhlak yang baik.

Semoga pandemi Covid 19 ini bisa memberikan paradigma yang positif untuk menyikapi peran guru untuk berkontribusi dalam pendidikan.

#Selamat Hari Guru
#Salam sehat
#Majulah Pendidikan Indonesia.
Salam literasi:

(Penulis Guru SMK Kencana Bandung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *