SUMPAH PEMUDA

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928

 

Itulah bunyi sumpah pemuda yang dilontarkan para putera puteri Indonesia yang tergabung dari seluruh pelosok negeri, dari Sabang sampai Merauke, di Waltervreden (sekarang Jakarta) pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928.

Hari Sumpah pemuda, secara harfiah adalah sebagai cikal bakal dari terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dalam rangka perjuangan bangsa Indonesia melawan para penjajah yang bercokol selama tiga abad setengah.

Dengan gigihnya para pahlawan kita, secara serempak dengan mengalang persatuan dan kesatuan untuk menumpas para penjajah. Alhamdulillah Negara kita merdeka alias lolos dari cengkraman penjajah, yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Ir.Soekarno dan Bung Hatta, atas nama bangsa Indonesia.

Maka atas segala perjuangan dan pengorbanan para leluhur kita, sebagai pahlawan bangsa, kita sekarang harus bersyukur, atas nikmatnya kemerdekaan yang kita rasakan, walaupun disana sini sampai saat ini masih banyak kekurangan.

Sebagai bangsa yang merasa bertanggung jawab atas segala hal yang dialami setelah Negara kita merdeka, tentunya harus berjuang dan bekerja keras untuk mengisi kemerdekaan ini, agar bangsa kita mencicipi dan merasakan kemerdekaan yang hakiki, yang sesuai dengan kehendak bangsa kita, yaitu “ Subur Makmur Lohjinawi, Gemah Ripah Repeh rapih, Murah Sandang Murah Pangan”.

Menjelang Peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2017, mari kita sambut dengan sepenuh hati dan rayakan semeriah mungkin, tapi jangan lupa kita bersyukur, sariatnya kepada para pahlawan yang telah gugur di medan perang dan hakekatnya kepada Allah SWT, yang telah mengabulkan  perjuangan bangsa kita hingga merdeka dan memberikan kenikmatan serta menjadikan bangsa kita menjadi bangsa yang besar, yang dihormati dan disegani oleh Negara-negara lain.

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928- 28 Oktober 2017 Semoga bangsa Indonesia tetap jaya, Merdeka, Merdeka, Merdeka !!!

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *