Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Pemilu, Koarmada I Secara Serentak Gelar Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif Dan Presiden Tahun 2019

wartapelita.com – Jakarta, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., diwakili oleh Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.MS., secara resmi membuka Latihan Pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden di Wilayah Koarmada I Tahun 2019 dengan tema “Koarmada I Melaksanakan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Di Wilayahnya Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI” bertempat di Lapangan Arafuru, Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Kamis (31/01/19).

Pangkoarmada I dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf Koarmada I menyampaikan bahwa Tahun 2019 merupakan Tahun Politik, tahun yang istimewa karena adanya pesta demokrasi yang diselenggarakan secara serentak yakni Pemilihan Anggota Legislatif dan Presiden. Kegiatan politik berskala nasional seperti Pemilu Legislatif dan Presiden ini tentunya memiliki kerawanan dan resiko terhadap keamanan, yang implikasinya bersifat nasional dan berpotensi mengganggu stabilitas keamanan negara, sehingga sudah menjadi kewajiban bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk dapat memastikan pelaksanaan Pemilu pada tahun 2019 ini dapat berlangsung dengan aman, nyaman, damai, sukses dan bermartabat.

Lebih lanjut disampaikan bahwa sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pemberian bantuan keamanan atas permintaan kepada Pemda dan Polri merupakan salah satu bagian dari 14 tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Oleh karena itu, sebagai salah satu komponen TNI, Koarmada I berikut Lantamal dibawah jajarannya memiliki tanggung jawab untuk dapat melaksanakan tugas tersebut sebagai bentuk pengejawantahan dari ketentuan yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tujuan dari Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden di Wilayah Koarmada I Tahun 2019 ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Personel Koarmada I dan Lantamal dibawah jajarannya agar memiliki kemampuan yang handal untuk melaksanakan operasi bantuan pengamanan atas permintaan kepada Pemda dan Polri secara berhasil, berdaya guna dan terintegrasi dalam rangka terwujudnya kesiapsiagaan operasional satuan jajaran wilayah Koarmada I,” ujar Pangkoarmada I.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan Demonstrasi Latihan Pengamanan Pemilu Tahun 2019 yang disimulasikan berada disekitar area basis TNI AL Koarmada I Jakarta. Dimana dalam skenario diperlihatkan simulasi kampanye, peningkatan eskalasi kedaruratan hingga aksi perbantuan penanganan dari Koarmada I dan Lantamal III. Pada saat Kampanye didekat basis TNI AL Koarmada I yang dilaksanakan oleh salah satu Paslon Capres dan Cawapres terjadi kerusuhan yang menyebabkan bentrokan antar pendukung sehingga situasi semakin buruk. Aparat kepolisian yang tidak mampu mengendalikan massa hingga terjadi pembakaran terhadap kendaraan-kendaraan yang ada disekitar lokasi. Karena jumlah personil yang terbatas tidak mampu mengatasi situasi, Kapolda Metro Jaya meminta bantuan kepada Pangdam Jaya, selanjutnya atas permintaan dari Pangdam Jaya selaku Pangkoops PAM Pilpres meminta Satgas Koarmada I dalam hal ini Danlantamal III untuk mengerahkan pasukan menuju lokasi kerusuhan untuk perbantuan kepada Polri. Setelah menerima perintah dari pimpinan, dengan sigap personil perbantuan pengamanan dari Satgas Pam Koarmada I segera menuju ke Lokasi untuk memberikan perbantuan perkuatan pengamanan kepada Polri.

Pasukan Penindak Huru Hara Satgas Gabungan Koarmada I yang terdiri atas Tim PHH, POM, Intel, PMK, Tim Medis Mako Koarmada I dan Lantamal III melaksanakan aksi penanggulangan pengamanan dari usaha sekelompok massa yang berbuat anarkis. Berkat kesigapan Tim Satgas Koarmada I, para demonstran dapat diatasi dan memubarkan diri dengan tertib, kebakaran dapat diatasi dengan aman, provokator telah ditangkap, dan selanjutnya situasi dapat dikendalikan secara berangsur-angsur.

Selama Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019, Koarmada I juga melibatkan Unsur KRI dan KAL untuk mengamankan perairan wilayah kerja Koarmada I yang meliputi Lantamal I Belawan, Lantamal II Padang, Lantamal III Jakarta, Lantamal IV Tanjungpinang, dan Lantamal XII Pontianak.

Hadir pada acara pembukaan tersebut, Paban III/Latga Sops Mabes TNI, Padya-2/Latsiagaops Paban III/Latga Sops Mabes TNI, Paban III/Lat Sopsal, Kasubdisopslat Disoplatal, Pejabat Utama Koarmada I, Danguspurla Koarmada I beserta Staf, dan Komandan Lantamal III beserta Staf.(Yayan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *