RATUSAN SISWA KUNJUNGI KRI DI KOLINLAMIL

wartapelita.com – Jakarta, Kapal perang di bawah kendali Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang sandar di Dermaga Kolinlamil dan JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi perhatian dan daya tarik bagi masyarakat, khususnya para pelajar dan mahasiswa karena menjadi pusat destinasi wisata edukasi di Ibu Kota. Seperti terlihat 122 Pelajar berserta 37 guru pembimbing Sekolah Dasar Pakan Sari 04 Bogor datang untuk melihat langsung dan mengenal lebih jauh kapal perang KRI Teluk Hading 538, Rabu (4/9).

Ratusan pelajar tersebut begitu antusias ingin mengetahui seluk beluk kapal perang yang berjenis kapal angkut tank ini. Kunjungan anak sekolah ke KRI ini dalam rangka memperkenalkan alusista TNI AL, sehingga akan menumbuhkan minat belajar mereka tentang TNI AL maupun kemaritiman. Asisten Potensi Maritim Kolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi menjelaskan, bahwa Kolinlamil dibawah kepemimpinan Panglima Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M. terus meningkatkan perannya dalam melayani masyarakat khususnya para pelajar diberbagai strata. Oleh karena itu, Kolinlamil membuka seluas-luasnya untuk dikunjungi oleh siapapun dan kapan saja. Hal ini merupakan salah satu bidang tugas dari Staf Potensi Maritim dalam pembinaan wilayah pertahanan khususnya pembinaan generasi muda sebagai sumber daya manusia yang perlu dibina agar memiliki kecerdasan dan jiwa nasionalisme untuk membangun bangsa dan negara.

Sementara itu, para guru dari Sekolah Dasar Pakan Sari 04 Bogor mengatakan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat lebih dekat Kapal Perang yang dimiliki TNI AL yang selama ini hanya dapat dilihat di layar televisi. Kesempatan menaiki kapal perang memberikan kebanggaan bagi mereka. Selain itu, mereka para pelajar juga dapat melihat kondisi kehidupan prajurit matra laut di kapal perang dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Rangkaian kegiatan dimulai dari sambutan perwira kapal dilanjutkan tour keliling ke seluruh bagian KRI Teluk Hading 538 sambil menerima penjelasan dari awak kapal tentang fungsi peralatan yang ada di kapal seperti persenjataan, alat-alat navigasi pelayaran, perlengkapan komunikasi, serta peta laut. Selain itu para siswa diberi kesempatan mencoba kemudi kapal, teropong kapal, peluit dan peralatan lainnya yang biasa dipergunakan dalam kegiatan pelayaran.

Reporter

Y2n

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *