Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Bandung Barat Resmikan Pendirian TBM Desa Cimanggu

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Bandung Barat Resmikan Pendirian TBM Desa Cimanggu

Bandung Barat, Warta Pelita

Meningkatkan minat Baca Masyarakat dalam mewujudkan tujuan Nasional Indonesia, yaitu mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, maka perlu didirikan Perpustakaan Desa (Perpusdes) dengan tujuan menjadi sarana belajar, mendapatkan informasi, dan untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat sekitar Desa.

Program ini  berdasarkan aturan  yang sesuai dengan Undang Undang Nomor 43 tahun 2007, tentang perpustakaan. Diperkuat dengan Permendagri No. 30 tahun 2001 tentang Perpustakaan Desa/Kelurahan Instruksi Mendagri No. 28 tahun 1984.

Asep Juhana, selaku Pengurus Pesantren At-Takwa mengatakan, dikarenakan Perpusdes di Desa Cimanggu masih belum maksimal dalam melakukan pelayanan dan belum memiliki gedung secara khusus, maka dalam pelaksanaannya perpusdes bekerjasama dengan PKK, PAUD, Karang Taruna, DKM, Pesantren dan RW, agar akses informasi dan gerakan membaca bisa terus berjalan dengan baik,  untuk sementara sambil menunggu proses pembangunan dan ketersedian gedung, perpusdes Binekas Cimanggu ditempatkan di Pesantren Pertanian At- Taqwa yang berlokasi di RW 08, hal ini berdasarkan hasil persetujuan dari Kepala Desa Cimanggu, Bunda Literasi Desa dan sepengetahuan dari tim fasilitatos CFD. Katanya.

Pengurus menginisiatif perpindahan ini dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dan berkegiatan yang lebih bermanfaat dan memiliki progresivitas, disamping itu karena lokasi perpusdes yang sulit dijangkau oleh para pengunjung, selain oleh warga RW 08, maka upaya untuk memudahkan pelayanan di Perpusdes melebarkan jaringannya dengan membentuk TBM tiap RW,  sesuai  hasil musyawarah pengurus dan menindaklanjuti hasil program steakholder meeting yang di selengarakan dengan mengundang para tokoh masyarakat, Ketua RW, Bunda Literasi Desa, PKK, MUI dan tim fasilitator CFD maka perpusdes binekas Cimanggu mendirikan TBM di Tiap RW. Adapun TBM yang sudah siap untuk di kukuhkan kepengurusannya adalah TBM At Taqwa, TBM Miftahul Ilmi, TBM Miftahul Janah, TBM Ar Rahmah, TBM Darul Islah dan TBM Nurul Huda. Hal itu dikatakan Pengurus Yayasan Pesantren Peradaban At-Takwa, paparnya.

Sementara itu, untuk memperkuat keberadaan TBM di Desa Cimanggu maka pada hari Rabu, (31/ 01/ 2018), Dra. Hj. Euis Suryati, selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah KBB hadir mengukuhkan pendiriannya,  dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya gerakan membaca ini untuk dilakukan berdasarkan perintah Allah SWT, dalam surat Al -Alaq yaitu IQRAA, Bacalah.  Berdasarkan perintah Allah SWT tersebut, maka pemerintah memiliki kewajiban untuk menjalankan Undang-Undang dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa, sehingga dengan adanya Perpusdes dan Pendirian TBM diharapkan lebih meningkatkan minat baca masyarakat. Paparnya.

“Jangan sampai kalah dengan adanya HP, kita sekarang lebih sibuk membaca whatsapp dan Facebook, dibanding dengan membaca buku, padahal anak – anak akan bersemangat mendengarkan jika ibu-ibu membaca buku cerita dan menyampaikan kembali tentang pesan-pesan moral kepada anak, bisa juga untuk menambah penghasilan keluarga dengan membaca buku-buku tentang membuat kue, berwirausaha dan lain-lain”. Jelasnya.

Disamping itu, Ibu Camat Ngamprah, menyampaikan pesan – pesannya bahwa kegiatan ini perlu dukungan dari semua pihak, dalam penyelenggaraan gerakan membaca yang disinergikan dengan gerakan ibu membangun, karena suksesnya suatu pengelolaan program di masyarakat ada peran ibu – ibu yang hebat, oleh karena itu, kalau ada ibu yang siap berjuang memajukan pembangunan dan siap melanjutkan program ini, kita harus dukung. Ungkapnya.

Acara yang melibatkan pengelola PAUD, Kader PKK dan Majelis Ta’lim ini menjadi jalan silaturahmi serta sarana edukasi kepada masyarakat, karena peran perpustakaan saat ini penting untuk sama-sama kita majukan, memngingat pentingnya penyelengaraan Perpusdes, maka Kepala Desa Cimanggu, Asep Suparman, siap membantu dan mengalokasikan anggaran desa untuk Perpusdes secara khusus dengan nilai sekitar Rp. 50 juta, anggaran ini lebih besar di banding tahun 2017 yang hanya Rp. 25 juta. Semoga bentuk sinergi dan kerjasama yang intensif ini antara elemen masyarakat dan pemerintah Desa akan semakin memberi dampak postif dan memberi nilai tambah dalam pembangunan Desa Cimanggu semakin Aman, Sehat, Religius, dan Indah.-A/S-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *