Plt Bupati Bandung Barat, Yayat T. Soemitra Buka Acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca

Plt Bupati Bandung Barat, Yayat T. Soemitra

Buka Acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca

Bandung Barat, Wartapelita

Dalam upaya memasyarakatkan dan mempromosikan perpustakaan serta budaya membaca secara langsung kepada masyarakat, Dinas kearsipan dan Perpustakaan bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI mengadakan Safari Gerakan Nasional Gemar membaca, dengan Tema : ” Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan dalam Rangka Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat.

Acara yang berlangsung pada hari Selasa, (24/04/ 2018) di Gedung Gempungan Gedung B Lt-4 Komp. Perkantoran Pemda KBB, dibuka langsung oleh Plt. Bupati Bandung Barat, Yayat T. Soemitra yang telah di lantik oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Kamis, (19/04/ 2018), menggantikan Abu Bakar yang sedang menjalani proses hokum.

Dalam sambutannya Plt. Bupati KBB menyampaikan, bahwa Kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Membaca, sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah KBB menuju masyarakat Cerdas, untuk menuju perubahan yang lebih baik, dengan adanya Gerakan Membaca bisa dijadikan momentum meneguhkan komitmen bahwa Korupsi, Suap dan Gratifikasi adalah Musuh utama kita. Ujarnya.

Acara safari Gerakan Gemar membaca ini di rangkaikan dengan Talk Show bersama nara sumber yang berkompeten di bidangnya, di antaranya Drs. Dedi Junaedi, M.Si, sebagai Pustakawan Ahli Utama dari Perpusnas RI,  Dr.Oom Nurrohmah, M.Si, Ka. Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca mewakili KaDisarpus Provinsi Jabar, H. Dadang Rusdiana,SE, M.Si Komisi X dari DPR RI, Dra.Hj Euis Suryati, M.Si. sebagai KaDisarpus Bandung Barat, dan Kang Eri sapaan akrab dari Perpuseru sebagai Penulis.

Dalam penyampaiannya, nara sumber lebih menekankan kepada pentingnya membuka kesadaran masyarakat, bahwa dengan membaca akan memberi dampak perubahan postif buat hidup lebih baik, dan yang paling penting setelah membaca ada implementasi, sebagai contoh Pak H. Ae yang sering di sebut sebagai  aktor perubahan setelah membaca di perpustakaan beliau praktekan membuat pupuk dan langsung di coba dikebun sendiri. Setelah berhasil sekarang banyak diikuti oleh warganya,  meski diusia hampir 75 tahun, beliau berhasil memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak – anak muda yang terhimpun dalam kelompok taninya, bahwa dengan membaca dan dipraktekan jadi sumber perekonomian bertambah baik.

Perserta yang hadir mewakili pengelola perpustakaan Desa, TBM, Pondok Pesantren,  Masjid dan Tokoh masyarakat serta Bunda literasi Kecamatan se Kab. Bandung Barat melebihi kapasitas kursi yang di targetkan cuma 200 orang, hal ini menunjukan antusias dan kegiatan perpustakaan di Bandung Barat dalam pelayanan semakin berkembang dengan baik, hal ini sesuai dengan yang di sampaikan oleh Hj. Euis Suryati, M.Si, KaDis Arpus KBB dan beliau  meminta dukungan kepada Anggota komisi X DPR RI untuk terus menjalin kerjasama, bersinergi secara khusus di Tahun 2019, KBB berharap mempunyai Gedung Perpustakaan yang lebih representatif, untuk lebih meningkatkan pelayanan dan berkegiatan menuju masyarakat KBB semakin maju, dan Berperadaban. Tandasnya. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *