Saung Inspirasi Lahirkan Generasi Pejuang Peradaban

Bandung Barat, WP-Ada sebuah pemandangan yang menarik ketika melihat aktivitas di Pesantren Pertanian At-Taqwa yang beralamat di Kampung Pangkalan No. 48 RT 02 RW 08 Desa Cimanggu Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Hal itu berkaitan dengan aktivitas para santri dalam menimba ilmu-ilmu agama Islam serta mereka belajar tentang pertanian.

Di sebuah saung yang diberi nama “Saung Inspirasi” menjadi saksi bisu di mana para santri belajar ilmu agama (Tafaqquh pi ad-Din) melalui pengkajian kitab kuning. Semangat mereka menjadi kunci dalam membangun generasi pejuang peradaban. Terlebih para santri merupakan generasi muda yang tentunya membutuhkan bimbingan agar mereka kelak menjadi generasi yang berakhlakulkarimah dan menjadi pejuang yang tangguh.

Saat berbincang-bincang dengan salah seorang pengurus Pesantren At-Taqwa, Asep Juhana mengatakan bahwa di saung inspirasi selain digunakan sebagai tempat belajar bagi santri, saung tersebut sering dijadikan diskusi oleh para aktivis pendidikan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh politik, yang isi diskusi tersebut terkait dengan membangun program yang bermanfaat bagi umat.

Saung Inspirasi juga menjadi bagian penting dalam melahirkan generasi yang siap berjuang dan mendidik para penghafal Alquran dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tangguh. Saat ini ada empat santri yang sudah melanjutkan ke perguruan tinggi dan mengikuti program khusus untuk mengikuti perkuliahan ke luar negeri.

Masih menurut Asep, indikator saung inspirasi lahirkan pejuang  peradaban, ada sebuah harapan mendorong generasi muda yang melahirkan ide/gagasannya dalam membangun pertanian modern hidroponik yang nantinya dapat memberikan dorongan dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baru-baru ini kami telah menyelenggarakan pelatihan hidroponik sekaligus dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda yang dihadiri oleh pejabat BI dan perwakilan Kabag Ekonomi Pemerintah Kabupaten Bandung Barat serta diikuti oleh pemuda/i yang antusias mengikuti pelatihan tersebut, ujarnya dengan penuh semangat. (Dadan S).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *