PP-IPTEK, Adakan Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2018.

 

Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerlan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan mengadakan Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) pada tanggal 29-30 September 2018. Kompetisi ini dilaksanakan di PP-lPTEK, TMII dan Lapangan Pusat Teknologi Roket Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Rumpin Bogor.

Dalam sambutannya Direktur PP-IPTEK mengatakan,”Bahwa kegiatan tahunan ini kami lakukan secara berjenjang dari regional kemudian nasional yang sekarang kita lakukan dan nanti pada bulan november nanti akan ada jenjang internasional yang akan dilakukan di Singapura.

Beliau pun menambahkan, “Untuk kegiatan kali ini begitu banyak pesertanya dan sangat antusias yang mengikuti lomba ini karena memang pesertanya dari seluruh Indonesia terus bertambah dari 400 sampai 600 orang peserta dari jabotabek dan dari serang dan cirebon 370 sampai dengan 400 sekian, jadi karena kegiatan ini di biayai dan dananya juga terbatas maka kegiatan ini hanya di ikuti sebanyak 230 sekian anak yang ikut ,” tegasnya Direktur PP-IPTEK.

Diharapkan kedepannya adanya dukungan dan masukan dan kami berkenan untuk kegiatan ini di buka oleh pak hari hendarto untuk membuka kompetisi roket nasional 2018 secara resmi sehingga peserta yang sudah siap hari ini bisa yang berasal dari 17 kabupaten kota bisa menyelesaikan kompetisi hari ini dan akan diluncurkan pada esok hari di rumpin bogor,” tutup Syahrial.

Kompetisi roket air merupakan ajang adu kreatifitas dl bidang teknologi kedirgantaraan, dimana roket air digunakan sebagal salah satu medianya. Dalam kompetisi ini, peserta akan adu keterampilan dalam mendesain dan meluncurkan roket air berdasarkan zona sasaran yang sudah ditentukan mengacu pada aturan yang berlaku pada kompetisi tlngkat internasional yang jaraknya dart titik luncur sepanjang 80 meter.
Peluncuran roket akan dilakukan pada hari Minggu, 30 September 2018 di Lapangan Pusat Teknologi Roket LAPAN, sedangkan pembuatan roket air akan dilakukan 1 (satu) hari sebelumnya, yakni hari Sabtu, 29 September 2018 di PP-IPTEK.

Tujuan kompetisi roket air, yaitu untuk menumbuhkan kembangkan minat, kreatifitas, dan inovasi pelajar Indonesia terhadap pengembangan teknologl kedirgantaraan. Kompetisi lni terdiri dari 2 sesi, yakni pembuatan roket air dan peluncuran roket air. Peserta kompetisi lni berasal dari sekolah di seluruh Indonesia yang berusia 12-16 tahun.

Jumlah peserta KRAN 2018 sebanyak 123 slswa yang berasal dari berbagai kota di Indonesia yang sebelumnya telah menyelenggarakan Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) di masing-masing wilayah, yaitu wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Jombang, Pontlanak, Banjar Baru, Bandar Lampung, dan Palembang. KRAR di masing-masing wilayah diselenggarakan oleh Science Center Daerah.

Pembukaan KRAN 2018 dibuka oleh Direktur Jenderal Penguatan inovasi Kemenristekdikti, Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si. Pembukaan akan dihadirl pula oleh jajaran pejabat Kemenristekdikti.

Kompetisi ini menjadi langkah akhir peserta menuju Kompetisi Roket Air Intemasional pada ajang Asia Pasific Space Agency Forum (APRSAF) yang tahun ini diselenggarakan di Singapura pada tanggal 2 4 November 2018.

PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dan salah satu wahana pembelajaran Iptek bagi masyarakat luas, khususnya generasi muda memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sesuai dengan visi dan misi negara.(Yayan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *